PENGEMBANGAN KARAKTER MELALUI BENDERA PRESTASI (Studi Kasus di Kelas 4 Ahmad Dahlan SDIT Salsabila 2 Klaseman)

Abstract

ABSTRAK Masyarakat semakin sadar akan pentingnya pendidikan karakter. Dalam peringatan Hari Guru Nasional 2017, pendidikan karakter dan keteladanan guru juga menjadi tema utama. Namun, penekanan pentingnya pendidikan karakter kadang belum secara merata diterapkan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Subyek penelitiannya adalah murid-murid kelas 4 Ahmad Dahlan SDIT Salsabila 2 Klaseman, guru, kepala sekolah dan wali murid.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab lemahnya karakter di kelas tersebut adalah konsentrasi guru yang terlalu mengarah pada pengembangan potensi akademik peserta didik dan kurang menyentuh karakter mereka. Strategi yang diterapkan untuk menanggulangi problem tersebut adalah dengan Bendera Prestasi. Langkah penerapannya adalah: (1) Memberikan satu bendera cuma-cuma pada semua anak sebagai pancingan, (2) Memberikan bendera bagi yang melakukan kebaikan apapun jenisnya, (3) Setiap Jumat bendera diakumulasi yang terbanyak, (4) Senin diumumkan ketika apel atau upacara bendera, (5) Diberikan sertifikat pengharagaan sebagai Student of The Week dan dapat doorprize, (6) Foto anak berprestasi dipajang di depan pintu kelas, (7) Berhasil mengumpulkan 10 sertifikat akan dapat super doorprize, (8) Menjaga intensifitas program, dan (9) Dikemas seperti permainan (game). Animo anak tinggi dalam bersaing melakukan kebaikan dengan temannya. Faktor pendukung program tersebut adalah support dari kepala sekolah, wali murid, dan guru-guru lain. Faktor penghambatnya adalah miskomunikasi yang terjadi karena slow respon antara guru dan walimurid. Kata Kunci: Pengembangan karakter, Bendera Prestasi