ASESSMEN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI RA ASSYAFI’IYAH MADA JAYA LAMPUNG

Abstract

Perkembangan sosial emosional merupakan suatu perkembangan yang menunjukan kecenderungan alami untuk berinteraksi dan menunjukan perasaannya melalui tindakan. Aspek perkembangan sosial-emosional anak usia dini dapat diketahui melalui asessmen dengan cara observasi, catatan anekdot, unjuk kerja dan percakapan. Adapun penelitian ini dilakukan untuk mengtahui bagaimana teknik assesmen yang digunakan pendidik dalam mengetahui perkembangan sosial emosional pada anak usia dini di RA Assyfi’iyah, Mada Jaya, Kecamatan Way Khilau, Kabupaten Pesawaran Lampung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa untuk mengetahui perkembagan sosial emosional anak, sekolah tersebut menggunakan asessmen dengan dua cara yaitu observasi dan catatan anekdot, adapun perkembangan aspek sosial-emosional anak-anak di sekolah tersebut cukup bervariasi mulai dari belum berkembang, mulai berkembang sampai berkembang dengan sangat baik, namun secara rata-rata dapat dikatakan bahwa perkembangan sosial emosional anak usia dini di RA Assyfi’iyah cukup baik, hal ini dibuktikan dengan berbagai ekspresi emosi atau sikap dan interaksi yang cukup baik yang ditunjukan oleh anak-anak pada saat berinteraksi dengan sesama temannya dan juga gurunya.  Kata kunci: asessmen,  perkembangan, sosial, emosional, anak uia dini