IMPLEMENTASI ASSESMEN AUTENTIK DI TK AN-NUR 3 YOGYAKARTA DALAM PENILAIAN ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplor pelaksanaan asesmen autentik anak usia dini di TK An-Nur 3 Yogyakarta, khususnya kelompok B, untuk menilai proses belajar mengajar, serta menilai perkembangan peserta didik. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research), dimana peneliti melakukan asesmen langsung terhadap peserta didik serta menilai proses kegiatan belajar mengajar, ditinjau dari metode dan materi pembelajarannya, kompetensi guru ketika mengajar, serta sarana dan prasarana dalam kelas. Asesemen Autentik bagi anak usia dini dapat diartikan sebagai penilaian yang dinamis yang dapat menyediakan informasi yang tepat dan terpercaya tentang anak, orang tua, pengasuh dan para guru anak usia dini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa secara keseluruhan tingkat perkembangan anak kelompok B ditinjau dari 6 aspek (NAM, sosem, fisik motorik, bahasa, kognitif, dan seni) rata-rata berkembang sesuai harapan pada aspek nilai agama dan moral 91,7%, aspek sosial emosional 83,3%, aspek fisik motorik 83,3%, aspek kognitif  91,7%, aspek bahasa 91,7% dan aspek seni 41,7%. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode kelompok dengan sudut kegiatan, materi pembelajaran dalam RPPH sesuai kurikulum 2013 PAUD. Pembelajaran yang dilakukan yaitu berpusat pada anak. Metode asesmen yang digunakan peneliti yaitu observasi, catatan anekdot, catatan spesimen,  percakapan, penugasan, unjuk kerja serta hasil karya. Metode asesmen  yang sering digunakan guru adalah metode observasi, catatan harian dan hasil karya, dikarenakan lebih mudah dan sederhana. Kata kunci : Asesmen autentik, aspek perkembangan, anak usia dini