UPAYA PENINGKATAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN ISTANA PASIR DI TK ABA TEGALREJO BANTUL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bermain istana pasir anak usia dini dan untuk meningkatkan aspek kognitif anak usia dini melalui bermain istana pasir di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Tegalrejo Bantul. Indikator pencapaian aspek kognitif pada penelitian ini adalah anak dapat mengenali ukuran,warna dan bentuk benda melaui bermain istana pasir. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Siklus pertama terdiri dari dua pertemuan, dan siklus dua terdiri dari dua pertemuan. Subyek penelitian ini adalah anak didik di TK ABA Tegalrejo Bantul dengan jumlah 17 anak didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pemahaman anak dalam mengenali warna,ukuran dan bentuk benda melalui bermain istana pasir meningkat dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan pengamatan pada pra Tindakan PTK, tingkat keberhasilan belajar menggunakan bermain istana pasir sangat signifikan dimana persentase sebelum dilakukan tindakan kemampuan kognitif mengenali warna, ukuran dan bentuk benda  peserta didik di kelompok A sebesar 29,4%. Setelah dilakukan tindakan meningkat pada siklus 1 sebesar 47,06% jadi peningkatan kognitif anak didik dari sebelum tindakan sampai dengan siklus I meningkat sebesar 17,66% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,11%. Jadi peningkatan kognitif dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sampai 47,05%. Peningkatan kognitif anak didik melaui bermain istana pasir meningka sebesar 64,71 % hasil yang dicapai menunjukkan bahwa peserta didik lebih mudah mengenali warna, ukuran dan bentuk benda  melalui bermain istana pasir. Kata kunci: peningkatan kognitif, anak usia dini, bermain istana pasir.