PARADIGMA PENGUKURAN KINERJA GURU RAUDHATUL ATHFAL (RA) BERPRESTASI DI YOGYAKARTA
Abstract
ABSTRAKKajian ini lakukan untuk mengetahui paradigma kinerja guru RA berprestasi di Yogyakarta sehingga dapat terukur dan menjadi role model bagi guru yang lainnya, dalam pembahasannya penulis menggunakan Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologis yang dilakukan langsung kepada subjek yang diteliti, guna memperoleh semua data yang berkaitan dengan paradigma kinerja guru guru RA berprestasi sehingga dalam pengukurannya mampu menjadi guru teladan bagi sesama guru. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data meliputi mereduksi data, menyajikan, menarik kesimpulan dan menverifikasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan dalam rangka untuk meningkatkan kinerja guru RA berprestasi ini, ada 6 (enam) langkah yang dilakukan oleh guru RA berprestasi. Pertama, mengetahui masih ada kekurangan dalam kinerjanya, kedua mengenal kelemahan dan kekurangan dalam keseriusan mengajar, ketiga mengidentifikasi perihal apa yang merupakan penyebab kekurangan terlebih yang behubungan dengan kinerja itu sendiri, keempat mengembangkan rencana kinerja yang tersaji, kelima melakukan penilaian masalah tersebut sudah teratasi ataukah belum (problem solving), keenam memulai dari awal lagi, apabila diperlukan dan dibutuhkan kembali.Kata Kunci: Paradigma, kinerja, guru RA.