IMPLEMENTASI SENTRA MAIN PERAN DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK DAN INTERPERSONAL ANAK (Studi Kasus di TK Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta)

Abstract

Keterampilan berkomunikasi diperlukan bagi anak usia dini sebagai bekal dalam interaksi sosial yang meliputi kemampuan berbahasa dan bersosialisasi. Kecerdasan verbal linguistik dan interpersonal anak diperlukan dalam kehidupan sosial. Stimulasi kecerdasan ini dapat dilakukan melalui bermain terarah di sentra bermai peran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi sentra bermain peran TK ‘Aisyiyah Nur’aini dan untuk mengetahui kecerdasan verbal linguistik dan interpersonal anak. Metode penelitian ini adalah kualitatif field research dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan in depth interwiew yang diperkuat dengan data observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, implementasi sentra bermain peran di TK Aisyiyah Nur’aini Ngampilan dilakukan secara terpadu mulai saat penyambutan anak, hingga kegiatan penutup. Kedua, kecerdasan verbal linguistik dan interpersonal anak muncul di sentra bermain peran melalui dukungan keaksaraan, pengalaman bermain sosial, bermain peran makro, kesempatan bermain yang luas, adanya interaksi sosial dan komunikasi antar teman sebaya dan dengan guru. Hasil observasi kecerdasan verbal linguistik dan interpersonal anak diperoleh hasil berkembang sesuai harapan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa sentra main peran di TK Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta dapat mengembangkan kecerdasan verbal linguistik dan interpersonal dengan pemberian stimulasi yang konsisten (terus menerus) dan efektif. Kata Kunci: sentra bermain peran, kecerdasan verbal linguistik, interpersonal