Konseling Behavior Dengan Teknik Overcorrection Untuk Megurangi Perilaku Membolos Siswa

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan menjelaskan tentang konseling behavior dengan tehnik overcorrection dalam mengurangi perilaku membolos siswa. Adapun sasaran tulisan ini adalah lembaga-lembaga pendidikan, sekolah, guru/tenaga pengajar, para orang tua untuk memberikan pembinaan dalam membentuk perubahan sikap kearah yang dari maladaptif menuju sikap dan perilaku adaptif. Secara ringkas, dari tulisan ini dapat dipahami tentang penerapan konseling behavior dengan tehnik overcorrction, tahapan proses dan tujun dalam mengurangi perilaku membolos siswa yang terdiri dari, pertama: melakukan asesmen (assessment), kedua: menentukan tujuan (goal setting), ketiga: mengimplementasikan teknik (technique implementation), keempat: evauasi mengakhiri konseling (evaluation termination). Dengan adanya tulisan ini diharapkan para guru, orang tua dan umumnya terhadap masyarakat dapat mendampingi anak didiknya agar tidak terjerumus dalam perilaku-perilaku yang tidak dibenarkan baik secara moral dan agama. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelian kepustakaan (library research).