HUBUNGAN ANTARA DETERMINASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 3 KOTA PADANG

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan determinasi diri dengan hasil belajar pada peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 3 Kota Padang dengan populasi sebanyak 256 orang dan jumlah sampel sebanyak 72 orang. Pengambilan sampel diambil dengan menggunakan probability random sampling menggunakan rumus slovin dengan error sampling 10%. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner tentang determinasi diri dan nilai rapor. Berdasarkan pengujian hipotesis antar kedua variabel didapatkan koefisien korelasi sebesar 0.503, artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara determinasi diri dengan nilai hasil belajar peserta didik. Semakin tinggi tingkat determinasi diri peserta didik maka semakin tinggi juga nilai hasil belajar yang didapatkannya, begitu pula sebaliknya. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan bagi pihak sekolah khususnya bagi guru Bimbingan Konseling (BK) untuk memahami determinasi diri serta dapat dijadikan bahan acuan untuk menyusun program layanan BK agar peserta didik dapat memahami determinasi diri dan memiliki kesadaran untuk meningkatkan determinasi diri untuk mencapai nilai hasil belajar yang lebih baik.