Urgensi Fiqih Muamalah dalam Mata Kuliah Akuntansi Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menawarkan secara praktek pengajaran akuntansi syariah untuk memasukan fiqih muamalah dan akuntansi secara seimbang. Metode penelitian ini menggunakan pardigma kritis untuk mengkritisi pembajaran akuntasi syariah berdasarkan sumber hukum utama islam. Penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa dan lulusan memiliki resiko jika juruan akuntansi tidak mengajarkan fiqih muamlah dan jurusan akuntansi juga memiliki manfaat yaitu akan mencapai capaian pembelajaran jika fiqih muamalah dimasukan sebgi bagian dalam pembelajaran akuntansi syariah. Peneliti menawarkan beberapa metode untuk menerapkan fiqih muamalah tersebut yaitu (1) fiqih dan akuntansi diterapkan secara seimbang, (2) membuat dua mata kuliah seperti akutansi intermediate 1 dan 2, begitu juga dnegan akuntansi syariah 1 dan 2. (3) menghapus bahasan yang sama yang terdapat dalam mata kuliah akuntansi syariah dengan akuntansi keuangan dan (4) dosen membuat literatur mengenai fiqih mumalah  bagi mahasiswa untuk diperalajari secara mandiri.