Pemilihan Institusi Perbankan Syariah Di Kalangan Masyarakat Muslim Indonesia
Abstract
Makalah ini terfokus kepada konsep sikap gaya hidup pengguna Muslim dan proses keputusan pemilihan perbankan syariah di Indonesia. Dalam kenyataannya, predikat negara yang identik berpenduduk mayoritas Muslim ini tidak menjadi tolok ukur kepada pemilihan perbankan syariah karena dinilai masih relatif rendah. Permasalahan yang timbul adalah apakah hal tersebut disebabkan sikap dan psikografi gaya hidup mereka dalam melaksanakan perintah agama? Ataukah karena produk dan fasilitas yang ditawarkan oleh perbankan syariah belum sesuai dengan sikap dan psikografi gaya hidup mereka? Makalah ini dibuat bertujuan untuk membentuk suatu kerangka konseptual tentang sikap dan psikografi gaya hidup pengguna Muslim dan kesannya kepada proses pemilihan perbankan syariah. Kajian ini dilakukan menggunakan kaedah kajian perpustakaan dan analisis deskriptif. Dapatan kajian dijangka dapat membentuk suatu kerangka konseptual mengenai strategi pemasaran perbankan syariah khususnya yang berhubungan dengan sikap dan psikografi gaya hidup pengguna Muslim yang sejalan dengan konsep Islam.