Hubungan Sikap dan Percaya Diri Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Sikap merupakan bentuk persepsi seseorang terhadap suatu objek yang di gambarkan dengan ekspresi suka ataupun tidak. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara sikap dan percaya diri siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 2 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan rancangan korelasional, sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 134 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah sikap yang dimiliki siswa sekolah menengah peretama memiliki kategori baik, yang dapat kita lihat dari indikator kesenangan dlam belajar sains, jika siswa memiliki rasa senang didalam pelajaran, maka dia akan memiliki keingin untuk memperanyak waktu belajarnya dalam pelajaran tersebut, hal ini diperkuat dengan hasil korelasi yang telah didapatkan yaitu sebesar 0.694 dan memiliki hubungan yang positif. Maka dari itu penting bagi para guru dan sekolah untuk menanamkan pembelajaran sikap dan meninmbulkan rasa percaya diri kepada siswanya.