PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERINTEGRASI NILAI TAUHID

Abstract

Mengubah sistem belajar dari konvensional ke model yang lebih bervariasi adalah sesuatu yang senantiasa dilakukan oleh pendidik seperti menerapkan model yang mampu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berfikir kreatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan di kelas dengan menggunakan lembar kerja. Nilai tauhid seyogyanya juga harus diintegrasikan ke dalam pembelajaran agar mahasiswa lebih kenal dengan tuhannya dan tetap mengesakan-Nya. Atas dasar ini, perlu adanya upaya dalam mengembang suatu lembar kerja yang terintegrasi dengan nilai tauhid yang efektif untuk dijadikan sebagai salah satu bahan ajar. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan lembar kerja mahasiswa, mendesripsikan tingkat validitas, praktikalitas, dan keefektifannya. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan 4-D (Four D Models). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja mahasiswa menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) sangat valid, sangat praktis dan efektif digunakan dalam kegiatan perkuliahan.