PENGEMBANGAN COMPUTERSUPPORTEDCREATIVETHINKINGTEST (CSCeT-Test) TAHAP VALIDASI
Abstract
Penilaian terhadap keterampilan berpikir kreatif yang menggunakan keunggulan teknologi komputer untuk memudahkan guru dalam menilai masih sangat jarang, sehingga peneliti mengembangkan instrumen tes untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif pada siswa. Instrumen yang dikembangkan disebut CSCeT-Test(ComputerSupportedCreativeThinkingTest). CSCeT-Testdibuat dengan basis Adobe FlashPlayer, sehingga mampu menampilkan situasi yang nyata dengan dukungan video, animasi, grafik, dan suara. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan instrumen tes berbasis komputer untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif yang validitas dan reliabilitas baik. Indikator keterampilan berpikir kreatif yang diukur menggunakan indikator menurut Guilford yang dibatasi dalam empat indikator, yaitu fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Desain penelitian menggunakan ResearchandDevelopmen (R&D) dengan model 4-D yang terdiri dari empat tahapan utama yaitu define, design, develope, dan desseminate. Hasil rata-rata validitas kontendan constructinstrumen CSCeT-Test menggunakan CVR sebesar 0.741, dan validitas media 0.8055pada kategori baik. Kesimpulan instrumen CSCeT-Test memiliki validitaskonten instrumen dan validitas media yang baik, sehingga dapat diimplementasikan untuk tahap uji coba terbatas dan dilanjutkan untuk uji coba meluas.