Pengaruh Metode Kauny Quantum Memory Dalam Menghafal Qur’an Sejak Dini di SD IT Lukman Hakim Yogyakarta

Abstract

Metode Kauny Quantum Memory merupakan cara menghafal dengan model cerita bergambar dan gerakan yang dibuat secara menyenangkan. Metode ini telah digunakan dalam kurikulum pendidikan SD IT Lukman Hakim Kotagede Yogyakarta. Sekolah bernuansa Islami yang terletak di wilayah perkotaan ini mayoritas diisi oleh kalangan menengah ke atas. Dengan kesibukan yang dimiliki para orang tua murid, mereka tentu berharap mendapatkan pendidikan Qur'ani secara baik sedini mungkin. Melalui metode Kauny Quantum Memory, anak-anak diajak mulai mencintai menghafal ayat-ayat al-Qur'an secara menyenangkan. Tulisan ini diarahkan untuk melihat dampak dari pengajaran metode Kauny Quantum Memory terhadap kelanjutan minat menghafal murid-murid SD IT Lukman Hakim. Analisa dilakukan melalui dua perspektif, yakni emik dan etik. Perspektif emik dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap para pengajar di SD IT Lukman Hakim dan pengamatan secara langsung. Selanjutnya, perspektif etik dilakukan dengan analisa data lapangan yang diperoleh dengan analisa secara kualitatif.