PENERAPAN MODEL PENILIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP N 2 GARUNG KABUPATEN WONOSOBO
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui apakah di SMP Negeri 2 Garung sudah menerapkan Penilaian Authentik dengan baik, mengetahui sejauh mana pengusaan ICT pendidik dan mengaplikasikan dalam Penilaian Authentik, mengetahui hasil Penilaian Authentik pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Garung. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru Mata Pelajaran IPA, peserta didik kelas VIII A, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Garung Wonosobo dan Orang Tua peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan penyebaran angket, data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. ` Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Penilaian Autentik di SMP Negeri 2 Garung sudah dilaksanakan dengan memenuhi kriteria yang ada, artinya penerapannya sudah menggunakan Permendikbud No 66 tahun 2013 yaitu mencakup penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian ketrampilan. 2) Penguasaan ICT pada penerapan Penilaian Autentik masih memerlukan tindak lanjut yang serius karena dalam pelaksanaannya pendidik masih mengalami kesulitan baik dalam model penilaiannya maupun pada tahap pembelajarannya.3) Pada mata pelajaran IPA penerapan Penilaian Autentik sudah berjalan dengan baik walaupun belum maksimal hal ini terbukti dari hasil pencapaian dari masing-masing penialian dari penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian ketrampilan belum menunjukkan hasil yang memuaskan dan ada kecenderungan penilian dilakukan dengan tiba-tiba, sehingga hasilnya belum mewakili kondisi riil dilapangan. Kata kunci : Penilaian Autentik, Mata Pelajaran IPA