PENINGKATAN HOTS DAN PRESTASI BELAJAR MELALUI METODE INKUIRI KELAS 7C SMPN 1 WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Kurikulum 2013 mengamanatkan esensi pendekatan saintifik dalam pembelajaran salah satunya model pembelajaran tersebut model pembelajaran Inkuiri. Berdasar observasi pra siklus di kelas VIIC terdapat 18,75% yang memilik kategori tinggi dalam berpikir tingkat tinggi sedangkan untuk prestasi belajar rata-rata 71,56. Penelitian ini dilaksanak untuk meningkatkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi dan prestasi belajar dengan menggunakan model Inquiri. Subyek penelitian 32 peserta didik yang terdiri dari 12 putra dan 20 Putri. Penelitian dilaksanakn 2 siklus, Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes tulis materi Kalor dengan 20 soal pilihan ganda. Analisa data menggunakan metode diskriptif kuantitatif dan statistik diskriptif. Tindakan siklus I menggunakan model Inkuiri dengan kelompok besar diperoleh data ketrampilan berpikir tingkat tinggi 31,25% dan prestasi belajar rata-rata 75,63%. Siklus II menggunaka model Inkuiri dengan kelompok kecil diperoleh data kemampuan berpikir tingkat tinggi 46,88% dan prestasi belajar rata-rata 81,25. Dengan demikian penelitian ini dapat meningkatkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi dan prestasi belajar.