PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MATERI BUNYI PADA SISWA KELAS VIII MTs COKROAMINOTO WANADADI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran IPA dalam setting pembelajaran kooperatif TSTS pada kelas VIII MTs Cokroaminoto Wanadadi.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus dilaksanakan selama 3 kali pertemuan, dimana 2 kali pertemuan digunakan untuk proses belajar mengajar dan 1 kali pertemuan digunakan sebagai tes akhir. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu plan (perencanaan), act (pelaksanaan tindakan), observe (pengamatan), dan reflect(refleksi). Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs. Cokroaminoto Wanadadi yang berjumlah 24 peserta didik yang terdiri dari 12 putra da 12 putri. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), tes pemahaman konsep siklus I, tes pemahaman konsep siklus II, tes pemahaman konsep siklus III, catatan lapangan, serta wawancara dengan siswa dan guru.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran IPA dalam setting pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas VIIIA MTs Cokroaminoto Wanadadi. Penerapan pembelajaran ini disesuaikan dengan ciri-ciri pembelajaran TSTS yang memuat elemen-elemen berikut: (1) Saling ketergantungan positif, (2) Interaksi tatap muka, (3) Akuntabilitas individual, dan (4) Keterampilan menjalin. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya persentase rata-rata pemahaman konsep siswa dari siklus I sebesar 47,44% kategori sedang, siklus II menjadi sebesar 62,50% kategori sedang, dan pada siklus III sebesar 84,42% berdasarkan pedoman kualifikasi termasuk dalam kategori tinggi. Kata kunci: Pemahaman konsep IPA, pembelajaran kooperatif tipe TSTS.