IMPLEMENTASI METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VIIA SMP N 3 Garung semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 pada mata pelajaran IPA melalui Implementasi Metode Inquiry. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dalam upaya meningkatkan pengelolaan proses pembelajaran melalui Implementasi Metode Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang masing-masing siklus meliputi planning, acting, observing dan reflecting. Dari hasil penelitian, pada siklus 1 hasil belajar peserta didik belum sesuai dengan indikator karena peserta didik belum terlatih untuk menemukan atau meneliti. Dari hasil tes ulangan harian yang diperoleh dari pra siklus sampai siklus 2 terdapat perubahan perolehan nilai pada peserta didik yaitu pada awal (pra siklus) dari 39 siswa, yang tuntas hanya 29 siswa (74,4%), kemudian pada siklus 1 sudah meningkat yaitu menjadi 34 siswa (87,2%) dan pada siklus ke 2 yang tuntas 37 siswa (94,9%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Metode Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Kata kunci : Inquiry, hasil belajar