Integrasi Model Pembelajaran POE dan Mind Map untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIIE SMP N 2 Magelang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPA dengan model pembelajaran POE (PredictObserve-Explain) berbantuan mind mapping. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIIE SMP N 2 Magelang semester gasal tahun 2019/2020 dengan jumlah 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dari model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Keempat tahapan itu dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, dimana tiap siklus difokuskan pada materi tentang klasifikasi makhluk hidup dengan penerapan model pembelajaran POE. Pengumpulan data dilakukan dengan data kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif berupa data tentang aktivitas siswa, keterlaksanaan pembelajaran, dan respon siswa terhadap pembelajaran. Data kuantitatif berupa hasil tes hasil belajar (pemahaman konsep) setelah melalui proses pembelajaran pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa baik dengan siswa yang mendapat nilai ≥ 70 mengalami kenaikan sebesar 41%. Pada siklus pertama jumlah siswa yang memperoleh nilai pemahaman konsep ≥ 70  berjumlah 28%. Pada siklus kedua siswa yang memperoleh nilai pemahaman konsep ≥ 70 berjumlah 69%. Aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik karena siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran POE.Kata Kunci: Model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain), mind map, pemahaman konsep