Studi Deskriptif Penyebab Bullying di Sekolah Dasar: Refleksi Implementasi Modulab sebagai Model Sekolah Ramah Anak
Abstract
ABSTRAK : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab bullying di Sekolah Dasar. Bisa jadi lingkungan sekolah menjadi penyebab utama tumbuh suburnya kasus bullying. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket. Angket dalam penelitian bertujuan untuk mengungkap kondisi psikologis siswa di SDN III Kecamatan Wonokromo Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah yang tidak kondusif menjadi pemicu bullying di lingkungan sekolah. Selanjutnya, rekomendasi penelitian ini adalah perlunya modulab sebagai model sekolah ramah anak. ABSTRACT : The purpose of this study was to determine the results of bullying in elementary schools.It could be that the school environment is a major cause of the proliferation of bullying cases. The research method used in this research is quantitative descriptive. The data collection tool used was a questionnaire. Questionnaire in a study that aims to uncover the psychological problems of students in SDN III Wonokromo District, Surabaya. The results showed that the school environment was not conducive to triggering bullying in the school environment. Furthermore, the recommendation of this research is the need for modulab as a child-friendly school model.