Respon Mahasiswa Pada Proses Pembelajaran Mata Kuliah Daring
Abstract
ABSTRAK : Penelitian ini terfokus pada mata kuliah Penulisan Naskah AUD yang dilakukan lewat daring vinesa. Vinesa adalah singkatan dari Virtual LearningUniversitas Negeri Surabaya. Vinesa merupakan situs resmi pembelajaran daring yang dikembangkan oleh Universitas Negeri Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa sebelum dan sesudah mengikuti perkuliahan secara daring, terutama terkait efektif dan efesiensi mata kuliah daring serta tanggung jawab mahasiswa dalam mengerjakan tugas melalui daring. Pelaksanan kegiatan daring ini hanya dilakukan selama 4 x pertemuan dan 12 x pertemuan dilakukan secara tatap muka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angketgoogle formdan dilanjutkan dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Diperoleh hasil bahwa bahwapembelajaran daring cukup efektif dan efesien untuk menggantikan perkuliahan secara tatap muka. Pembelajaran daring meningkatkan semangat dan tanggung jawab dalam mengerjakan tugas secara on time pada mata kuliah penulisan naskah AUD. Pembelajaran daring dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalahan efektif dan efesiensi pertemuan antara dosen dengan mahasiswa. ABSTRACT : This research is focused on the AUD Script Writing course which is conducted online on vinesa. Vinesa is an abbreviation of Virtual Learning at Surabaya State University and Vinesa is an official online learning site developed by Surabaya State University. The purpose of this study is to determine the response of students before and after attending lectures online, especially related to the effectiveness and efficiency of online courses and the responsibilities of students in doing assignments online. This online activity is only carried out for 4 x meetings and 12 x meetings conducted face to face. This research uses quantitative methods. Data collection techniques were carried out through a Google form questionnaire and continued with quantitative descriptive data analysis. From the results of the data and discussion obtained findings that online learning is quite effective and efficient to replace lectures face to face. In addition online learning increases the enthusiasm and responsibility of doing assignments on time. Online learning can be used as an alternative to overcome the effective and efficient problems of meetings between lecturers and students.