Kegiatan Montase Sebagai Upaya Mengembangkan Motorik Halus di Kelompok Bermain

Abstract

ABSTRAK : Berdasarkan hasi pengamatan di lapangan terhadap kemampuan motorik halus anak di kelompok bermain belum berkembang optimal, oleh sebab itu diperlu dilakukan kegiatan montase dalam proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak kelompok bermain melalui kegiatan montase. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subyeknya  anak kelompok bermain PKK Pamongan II Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri pada semester II tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 18 anak didik yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 11 anak laki-laki. Untuk menggumpulkan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan observasi. Penelitian ini masih sampai pada tahap perencanaan yaitu menyusun RPPM, RPPH, lembar penilaian motorik halus. Semua perangkat tersebut sudah divalidasi oleh ahli dan dinyatakan layak digunakan untuk mengembangkan motorik halus. ABSTRACT : Fine motor skills are abilities that need to be developed in early childhood. On the other hand, montage games have an attraction to be included in the learning process. The purpose of this study was to examine the implementation of montage activities in developing fine motor skills in early childhood. This research method uses classroom action research with the subjects of the PKK Pamongan II playgroup, Mojo District, Kediri Regency in the second semester of the 2019/2020 academic year, totaling 18 students consisting of 7 girls and 11 boys. To collect data in this study using documentation and observation. This research is still at the planning stage, namely compiling RPPM, RPPH, fine motor assessment sheets. All of these tools have been validated by experts and declared fit for use to develop fine motor skills. The recommendation forexperimental research.