Dakwahtaiment Televisi Lokal (Tinjauan Kritis Atas Komesialisasi Dakwah JTV Surabaya)
Abstract
Dakwah adalah sebuah proses mempengaruhi, maka efektifitasnya perlu ditunjang dengan keberadaan media. Namun eksistensi media pada gilirannya seperti pisau bermata dua. Di satu sisi memberikan kemudahan dan keterjangkauan yang lebih luas, akan tetapi media juga berkonsekuensi pada potensi menjadikan agama sebagai bahan komoditas ekonomi. Dampak terakhir inilah yang akan diungkapkan dalam artikel ini. Dengan melakukan kajian lapangan melalui metode kualitatif, berhasil menemukan kesimpulan penting yaitu: 1) Proses dakwah yang dijalankan oleh JTV didesain dengan menggunakan beberapa instrument pendukung, seperti musik dan juga MC yang wajib memiliki selera humor tinggi. 2) fitur-fitur komersialisasi dakwah JTV antara lain; komodifikasi konten, audien, instrinsik dan ekstrinsik 3) Adapun faktor-faktor yang menjadi determinasi primer dalam melakukan proses hiburan program dakwah di JTV adalah; 1) menarik animo masyarakat, 2) menaikkan ratting and share, 3) memancing pihak iklan untuk mensosialisasikan produknya melalui siaran dakwah di JTV.