P PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA SEKILAS BERBASIS KNOW WANT LEARNED KELAS V SEKOLAH DASAR

Abstract

                                                      Abstrack This aim of the research is to develop reading materials for skimming activity by using KWL strategy that was valid, practical, and effective. This research to solve to help the students understand the text in line with the phase of reading itself; before-, whilst-, and post-reading. in developing the material using 4D is to define, design, develop, and disseminate. Validation results with a 3.69 earned lesson plans are very valid category, and an average of 3.74 with a validity of the material is very valid category. Observations of the  lesson plans obtained 85.67% categorized as very practical. Teacher response results obtained 97.50%  and students 88.52% categorized as very practical. Activities students acquire 82,41% in trials and 86.61% in the deployment phase with very good category. The results of the activity of reading skimming gained 82.89% in the test and 85.42% in the deployment phase with very good category. Concluded that the reading material for skimming activity based KWL strategy is valid, practical, and effective.   Keywords: teaching materials, skimming activty skills,KWL.                                                                 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar membaca sekilas dengan menggunakan strategi KWL yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini untuk membantu siswa memahami teks sesuai dengan tahap pra, saat dan, pascabaca. Pengembangkan materi menggunakan desain 4D yaitu  mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan menyebarluaskan. Hasil validasi rencana pelajaran diperoleh 3,69 dengan kategori sangat valid, dan rata-rata validitas materi adalah 3,74 dengan kategori sangat valid. Pengamatan keterlaksanaan rencana pembelajaran diperoleh 85,67% dengan kategori sangat praktis. Hasil respon guru terhadap bahan ajar memperoleh 97,50% dan siswa 88,52% dengan kategori sangat praktis. Persentase aktivitas siswa memperoleh 82,41% dalam uji coba dan 86,61% dalam tahap penyebaran dengan kategori sangat baik. Hasil aktivitas membaca skimming memperoleh 82,89% dalam uji coba dan 85,42% pada tahap penyebaran dengan kategori sangat baik.  Hasil simpulannya yaitu bahan ajar untuk kegiatan skimming berdasarkan strategi KWL adalah valid, praktis, dan efektif.   Kata kunci: bahan ajar, keterampilan membaca sekilas,KWL