Implementasi Manajemen Pembelajaran Kurikulum 2013 di MI Darul Khaeriyah Kecamatan Suli Kabupaten Luwu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan desain penelitian lapangan. Penelitian ini dilaksanakan di MI Darul Khaeriyah Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Adapun hasil yang di dapatkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 masih dirasa perlu para guru diberi bekal dalam memahami dan mengimplementasikan Kurikulum 2013, terutama pada aspek penilaian proses dan hasil belajar. Tahap perencanaan, dimana guru masih menyusun berdasarkan hasil KKG Guru Kelas sehingga belum mengadopsi visi dan misi tiap sekolah. Tahap pelaksanaan, dimana guru telah melaksanakan sesuai yang tercantum dalam RPP, namun terkadang guru belum mengembangkan pembelajaran sesuai dengan metode bervariasi. Tahap evaluasi, dimana guru masih terfokus hanya pada penilaian akhir, bagi guru untuk penilaian proses masih dirasa sulit karena yang dinilai tiap individu sehingga guru masih mengalami kesulitan untuk menilai secara objektif.