Implementasi Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI dalam Mengaktualisasikan Akhlak Mulia Peserta Didik

Abstract

Praktik pendidikan harus  mampu menerobos dimensi  kehidupan peserta didik secara integral, tidak hanya menitikberatkan pada kecerdasan intelektual (penguasaan teori), karena pendidikan tidak terbatas pada masalah pentransferan ilmu, akan tetapi mampu mnghidupkan ruh spiritual ajaran Islam sebagai acuan dalam berperilaku. Guru adalah figur pemimpin yang memiliki kekuasaan untuk membentuk dan membangun kultur akhlak mulia, dengan menanamkan nilai-nilai fundamen akhlak mulia disamping mencerdaskan peserta didik. Oleh karena itu, guru diwajibkan memiliki kemampuan dasar, keahlian,  keterampilan dan dituntut untuk senantiasa melakukan berbagai pengembangan dan penyesuaian penguasaan kompetensi yang ditetapkan atau dipersyaratkan dalam Undang-Undang.Tulisan ini sebagai upaya mengkaji persoalan pentingnya pendidikan akhlak mulia bagi peserta didik, yang mengungkap langkah pengembangan kompetensi guru PAI, implementasi kompetensi kepemimpinan guru PAI serta kendala dan upaya  dalam mengoptimalkan peran guru PAI dalam mengaktualisasikan akhlak mulia peserta didik.