Penerapan Model Pembelajaran Learning Partner dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam; Menghormati Orang Tua Pada peserta didik kelas VII6  SMP Negeri 1 Mare Kabupaten Bone yang diajarkan dengan menerapkan model Learning Partner. Manfaat penelitian ini adalah untuk memotivasi peserta didik dalam belajar agar dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan proses pengkajian bersiklus yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII 6 SMP Negeri 1 Mare Kabupaten Bone dengan jumlah peserta didik 30 orang yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 14 orang Perempuan. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes, lembar observasi, dan dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan peserta didik dari siklus I sampai siklus II, yaitu untuk memprediksi apakah ada peningkatan hasil belajar peserta didik . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas dan hasil belajar peserta didik . Sebelum dilaksanakan tindakan didapatkan rata-rata pada siklus I hasil belajar dari 65,7 dan pada siklus ke-II rata-rata meningkat menjadi 81,66. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Partner dapat meningkat hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VII 6 SMP Negeri 1 Mare Kabupaten Bone.