Penerapan Pendekatan Scientific dengan Metode Student Teams Achievement Divisio (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar IPA dengan penerapan pendekatan scientific melalui metode Student Teams Achievement Divisio (STAD). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, refleksi, dan evaluasi secara berulang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII A MTs Negeri Palopo pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 35 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan analisis data dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar IPA dan keaktifan belajar peserta didik kelas VIII A MTs Negeri Palopo mengalami peningkatan setelah diadakan pembelajaran pendekatan scientific dengan model STAD. Sebelum diadakan tindakan pembelajaran skor rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 77,43 dan setelah diadakan pembelajaran pendekatan scientific dengan metode STAD skor rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 85,97 dan siklus II sebesar 89,34. Disimpulkan bahwa pembelajaran pendekatan scientific dapat meningkatkan kemandirian peserta didik dan rasa percaya diri untuk menyelesaikan tugas yang diberikan sehingga mereka memotivasi untuk meningkatkan hasil belajar mereka.