Efektivitas Metode Bercerita dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas metode bercerita dalam meningkatan hasil belajar bahasa Indonesia siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan populasi penelitian sebanyak 23 orang siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo. Metode penarikan sampel menggunakan total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia. Kesimpulan tersebut didapatkan dari peningkatan hasil belajar siswa dari siklus pertama ke siklus yang kedua sebesar 15%. Selain hal tersebut, fakta lain yang ditemukan adalah dengan menggunakan metode berceritadalam pembelajaran berdampak pada tumbuhnya motivasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, sebaiknya guru dalam pembelajaran bahasa indonesia menggunakan metode bercerita karena telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.