Penerapan Pembelajaran Terstruktur dengan Pemberian Tugas terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VI UPT SD Negeri 054 Kanandede Kecamatan Limbong Kabupaten Luwu Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengungkap Penerapan Pembelajaran terstruktur dengan pemberian tugas terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa  kelas VI UPT SD Negeri 054 Kanandede Kecamatan Limbong Kabupaten Luwu Utara, dan (2) Untuk mengungkap pembelajaran terstruktur dengan pemberian tugas terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa  kelas VI UPT SD Negeri 054 Kanandede Kecamatan Limbong Kabupaten Luwu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran, dimana setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VI UPT SD Negeri 054 Kanandede Kecamatan Limbong Kabupaten Luwu Utara. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar peserta didik  mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu masing-masing 58,33%, 75,00%, dan 87,50%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa   secara klasikal telah tercapai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugas dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas VI UPT SD Negeri 054 Kanandede Kecamatan Limbong Kabupaten Luwu Utara, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.