Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas VI UPT SD Negeri 206 Rampoang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran Talking Stick dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik Kelas VI  UPT SD Negeri 206 Rampoang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik Kelas VI UPT SD Negeri 206 Rampoang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara  Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, yaitu 66,36 dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 63,64% sedangkan siklus II nilai rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 84,09 dengan tingkat ketuntasan belajar mencapai 90,91%, atau terjadi peningkatan sebesar 27,27%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan model pembelajaran Talking Stick merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.