Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Penilaian Proses melalui Supervisi Akademik secara Berkelanjutan di SMP Negeri 7 Palopo

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk: (1) Membuktikan secara ilmiah apakah supervisi  akademik berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana penilaian proses. (2) Mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam melakukan supervisi  akademik agar mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rencana penilaian proses. (3) Mengukur peningkatan prosentase kompetensi guru dalam menyusun rencana penilaian proses setelah supervisi  akademik berkelanjutan kepada guru yang sudah menyusun rencana penilaian proses di tahun sebelumnya dan pada guru yang belum menyusun rencana penilaian proses. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian yaitu guru SMP Negeri 7 Palopo .dengan jumlah guru sebanyak 33 (tiga puluh tiga) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus pertama dilakukan metode supervisi berkelanjutan , ternyata pada siklus I nilai rata-rata komponen rencana penilaian proses  60,40%, dan pada siklus II 83,23%. Jadi, terjadi peningkatan 22,83% dan indikator keberhasilan terlampaui yaitu 78.00%. Ini berarti bahwa melalui supervisi berkelanjutan dapat meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun rencana penilaian proses.