ANALISIS KRITIS BUKU FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM

Abstract

Buku filsafat pendidikan Islami karya Ahmad Tafsir lebih mengarah pada filsafat pendidikan (umum). Namun, menurut beliau setelah mempertimbangkan kata Islam masih perlu dipertahankan, maka judul buku tersebut menjadi filsafat pendidikan Islami. Isinya mengenai banyak hal tentang pendidikan yang dibimbing oleh ajaran Islam karena penulis buku ini adalah Muslim. Menurut pendapat saya, ini adalah alasan yang tidak begitu logis. Jadi seolah-olah buku filsafat pendidikan Islam diberikan judul ini karena agama penulis, yaitu Islam. Selanjutnya dalam buku ini banyak yang ditulis bukan filsafat pendidikan Islam melainkan filsafat pendidikan umum (barat). Tetapi menurut penulis buku ini, hal itu tidak bisa dihindari, biasanya itu hanya ilustrasi untuk memudahkan konsep filsafat untuk dipahami. Sedangkan buku filsafat pendidikan Islam karya Drs. Muhammad As Said, M.Pd.I, tidak menjelaskan secara terang benderang asal muasal filsafat pendidikan Islam. Dalam buku tersebut malah lebih banyak mengutip dan membahas filsafat pendidikan barat. Buku ini juga menjelaskan bahwa filsafat umum mempunyai hubungan yang sangat erat dengan filsafat pendidikan sebab pendidikan merupakan pelaksana dari pandangan filsafat dan kaidahnya dalam bidang pengalaman kemanusiaan yang disebut pendidikan. Namun tidak dijelaskan hubungan antara filsafat Islam dengan filsafat pendidikan Islam dan belum terlihat secara jelas kerangka dasar bangunan filsafat pendidikan Islam. Isi dari kedua buku tersebut juga lebih banyak membahas masalah filsafat umum seperti idealisme, realisme neoskolatisme, pragmatisme, dan eksistensialisme.