KREATIVITAS GURU DALAM MEMBENTUK PEMBELAJARAN AKTIF (STUDI DI SMPN 1 SYAMTALIRA ARON ACEH UTARA)

Abstract

Guru masih cenderung menggunakan metode ceramah, dikte dan penugasan dalam pembelajaran. Padahal guru yang profesional harus memiliki kemampuan dan ketrampilan serta kreatif dalam pembelajaran. Supaya pembelajaran benar-benar menyenangkan dan efisien. Secara konseptual, guru harus mempunyai tingkat kreativitas yang tinggi dalam mengajar, baik dari segi materi, metode serta media yang dipergunakan. Namun dalam realitanya masih banyak guru yang tidak memiliki kreativitas dalam mengajar, baik dari sisi materi, metode, maupun media. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji tentang bagaimana kreativitas guru dalam mengembangkan metode pembelajaran aktif di SMPN 1 Syamtalira Aron Aceh Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan tehnik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa kreativitas guru bidang studi di SMPN 1 Syamtalira Aron Aceh Utara dapat dinilai cukup baik, walaupun masih belum terlaksana dengan baik namun kreativitas guru dalam pembelajaran sedikit banyak telah dapat diwujudkan oleh sekolah tersebut, ini semua dapat terlihat dari bagaimana guru menerapkan cara pengajarannya kepada siswa dalam menyampaikan materi pelajaran, di mana cara pengajaran yang guru terapkan tersebut merupakan ciri-ciri dari guru yang kreatif.