PRILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN APEL LOKAL PASURUAN TERHADAP PEMENUHAN KEPUASAN KONSUMEN
Abstract
Konsumen merupakan hal yang sangat penting dalam hal mempertahankan komoditi yang di pasrkan oleh pemasar, pemasaran yang baik selalu memperhatikan produk yang dipasarkan agar dapat memuaskan konsumen terutama terutama pema saran komoditi buah apel. Hal yang paling serius untuk diperhatikan adalah tetap mempertahankan kualitas, rasa, dan melakukan pasca panen dengan baik agar produk bertahan lama. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Dalam pengambilan data kuisoner sampel konsumen berjumlah 30 responden. Metode pengumpulan data yaitu meliputi data primer yaitu : observasi, wawancara, kuisoner dan dokumentasi. Sedangkan data skunder yaitu profil Kecamatan, Informasi dan arsip. Dalam se kala perhitungan kuisoner yaitu variabel bebas yaitu harga, kualitas, rasa dan desain. Sedangkan variabel terikat adalah variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen dengan menggunakan analisis uji validitas dan reliabilitas Hasil dari uji validitas dan re liabilitas menunjukan bahwa harga berpengaruh tergadap kepuasan konsumen dengan nilai korelasi 0.367, variabel kualitas 0.440, variabel rasa 0.419, variabel desain 0.423. Diantara variabel yang memiliki pengaruh yang paling nyata adLah variabel Kualitas, m aka kesimpulan yang dapat didapat dari hipotesis adalah adanya pengaruh nyata antara variabel kualitas terhadap kepuasan konsumen apel nongkojajar.