PRILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN APEL LOKAL PASURUAN TERHADAP PEMENUHAN KEPUASAN KONSUMEN

Abstract

Konsumen merupakan hal yang sangat penting dalam hal mempertahankan komoditi yang di  pasrkan oleh pemasar, pemasaran yang baik selalu memperhatikan produk yang dipasarkan  agar dapat memuaskan konsumen terutama terutama pema saran komoditi buah apel. Hal  yang paling serius untuk diperhatikan adalah tetap mempertahankan kualitas, rasa, dan  melakukan pasca panen dengan baik agar produk bertahan lama. Tujuan penelitian untuk  mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen.  Dalam pengambilan data  kuisoner sampel konsumen berjumlah 30 responden. Metode pengumpulan data yaitu  meliputi data primer yaitu : observasi, wawancara, kuisoner dan dokumentasi. Sedangkan  data skunder yaitu profil Kecamatan, Informasi dan arsip. Dalam se kala perhitungan kuisoner  yaitu variabel bebas yaitu harga, kualitas, rasa dan desain. Sedangkan variabel terikat adalah  variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen dengan menggunakan analisis uji validitas  dan reliabilitas Hasil dari uji validitas dan re liabilitas menunjukan bahwa harga berpengaruh  tergadap kepuasan konsumen dengan nilai korelasi 0.367, variabel kualitas 0.440, variabel  rasa 0.419, variabel desain 0.423. Diantara variabel yang memiliki pengaruh yang paling  nyata adLah variabel Kualitas, m aka kesimpulan yang dapat didapat dari hipotesis adalah  adanya pengaruh nyata antara variabel kualitas terhadap kepuasan konsumen apel  nongkojajar.