PENGARUH METODE DRILL MENGGUNAKAN COMPUTER BASED INSTRUCTION (CBI) TERHADAP HASIL BELAJAR

Abstract

Dalam proses pembelajaran TIK kelas VIII di SMP Negeri 4 Batukliang Utara masih menggunakan metode ceramah, dibuktikan dengan ketidakmampuan siswa dalam mengoprasikan komputer saat proses pembelajaran dimulai. Hal ini menyebabkan siswa tidak mengerti penggunaan komputer dan berakibat pada hasil belajar siswa yang kurang dari KKM yaitu 65, karena pada kenyataannya hasil belajar merupakan indikator paling penting dalam proses belajar. Atas dasar itu peneliti berinisiatif menerapkan Metode Drill meggunakan Computer Based Intruction (CBI). Adapun tujuan dari penelitian iniyaitu untuk mengetahui Pengaruh Metode Drill Menggunakan Computer Based Intruction (CBI) Terhadap hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran TIK di SMP Negeri 4 Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah Tahun pelajaran 2017/2018.Subjek penelitian ini menggunakan Study Populasi dikarenakan jumlah siswa yang kurang dari 100 yaitu 21 siswa, jadi diambil seluruhnya.Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes sebagai metode pokok dan metode dokumentasi sebagai metode pelengkap. Setelah penelitian dilaksanakan, peneliti menganalisa data menggunakan rumus t-test, hasil Uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df= 21-1= 20(3,696>2,086) sehingga hasil penelitian ini “signifikan”. Berdasarkan penelitian ini maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hopotesis alternatif (Ha) diterima.Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Metode Drill Menggunakan Computer Based Instruction (CBI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran TIK di SMP Negeri 4 Batukliang Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Kunci : Metode Drill, Computer Based Instruction, Hasil Belajar