PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN STORYBOARD TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISIWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA
Abstract
Hasil Belajar di SMPN 1 Janapria masih dikatakan sangat rendah di sebabkan oleh prosespembelajaran yang di gunakan oleh guru-guru di sekolah masih konversional seperti dalampelaksanaan proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah dan hanya menerangkandan menulis di papan, guru lebih aktif dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan hasil belajaryang rendah terutama di mata pelajaran Seni budaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran storyboard terhadap kreativitas belajar siswapada mata pelajaran seni budaya kelas VII SMPN 1 Janapria kabupaten Lombok tengah tahunpelajaran 2019/2020. Metodde penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif denganmenggunakan pendekatan eksperimen adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasVII SMPN 1 Janapria dan sampelnya adalah 25 siswa. Metode pengumpulan data menggunakanAngket sebagai metode pokok, sedangkan dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap.Selanjujtnya metode analisis data menggunakan rumus Chi-squere hasil menunjukan bahwa nilai thitung lebih besar daripada t-tabel pada taraf signifikasi 5% = 9,488 dengan demikian bahwa nilai chisquare analisis lebih besar dari pada nilai chi square tabel (11,762>9,488).ArtinyaHipotesis (Ha)diterimadanhipotesis (Ho) di tolak.Jadi kesimpulannya yaitu Ada Pengaruh Penggunaan MediaPembelajaran Media Storyboard Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni BudayaKelas VII SMPN 1 Janapria Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020, jadi hasilpenelitian ini dinyatakan Signifikan.