PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN AUGMENT REALITY UNTUK ANAK USIA DINI DI INDONESIA

Abstract

PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan suatu pusat pendidikan yang dikhususkan untuk anak usia dini dengan tujuan agar anak-anak usia dini dapat mempersiapkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Anak Usia Dini mempunyai karakteristik yaitu suka dengan bermain, mudah bosan dan memiliki rasa keingin tahuan yang tinggi. Sehingga, dalam melaksanakan pembelajaran untuk anak usia dini harus lebih berfariatif. Maka dari itu, dibutuhkan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan salah satunya yaitu menggunkan Augment Reality (AR). Tujuan dari penulisan artikel telaah ini adalah untuk mengetahui efek penggunaan Augmented Reality pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dari hasil kegiatan telaah tersebut menyebutkan bahwa dengan menggunakan Augment Reality(AR) siswa lebih termotivasi dan dapat mudah memahami pembelajaran, serta dapat belajar dan bermain menggunakan Augment Reality (AR) sehingga anak usia dini mendapatkan pengalaman belajar secara langsung.PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan suatu pusat pendidikan yang dikhususkan untuk anak usia dini dengan tujuan agar anak-anak usia dini dapat mempersiapkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Anak Usia Dini mempunyai karakteristik yaitu suka dengan bermain, mudah bosan dan memiliki rasa keingin tahuan yang tinggi. Sehingga, dalam melaksanakan pembelajaran untuk anak usia dini harus lebih berfariatif. Maka dari itu, dibutuhkan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan salah satunya yaitu menggunkan Augment Reality (AR). Tujuan dari penulisan artikel telaah ini adalah untuk mengetahui efek penggunaan Augmented Reality pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Dari hasil kegiatan telaah tersebut menyebutkan bahwa dengan menggunakan Augment Reality(AR) siswa lebih termotivasi dan dapat mudah memahami pembelajaran, serta dapat belajar dan bermain menggunakan Augment Reality (AR) sehingga anak usia dini mendapatkan pengalaman belajar secara langsung.