PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI TATA CARA SHOLAT UNTUK KELAS II SEKOLAH DASAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan multimedia pembelajaran PAI materi tata cara sholat yang layak digunakan untuk siswa kelas II Sekolah Dasar ditinjau dari aspek materi, pembelajaran, tampilan dan pemrograman; (2) mengetahui respons siswa; dan (3) mengetahui efektifitasnya dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah research and development (R&D) yang meliputi tahap: (1) analisis kebutuhan, (2) desain pembelajaran, (3) pengembangan produk, dan (4) evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 29 siswa kelas II SD Negeri Samirono, Sleman, Yogyakarta. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Produk multimedia pembelajaran PAI materi tata cara sholat ini layak atau valid. Penilaian multimedia pembelajaran dari aspek materi, pembelajaran, tampilan dan pemrograman berkategori sangat baik. (2) Respon siswa terhadap multimedia yang dikembangkan sangat baik. (3) Keefektifan multimedia pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori “tinggi”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran pendidikan agama Islam materi tata cara sholat yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan ajar dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas II sekolah dasar.