PENGARUH STRATEGI THE POWER OF TWO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AQIDAH DAN AKHLAK
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu penjelasan guru dalam mengajar yang bersifatmonoton, gaya mengajarnya yang bersifat membosankan, mengakibatkan siswa kurang aktif disaatproses belajar, sehingga hasil yang diperoleh kurang efektif. Salah satu untuk mengatasi masalahbelajar dengan menggunakan strategi the power of two , Strategi ini memungkinkan siswa untukbelajar berkelompok dengan memanfaatkan potensi interaksi dan kerja sama antar siswa. Ketikaproses belajar berlangsung, siswa dapat berdiskusi dan saling membantu memahami materi. Darisini diharapkan motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan. Rumusan masalahnya yaitu ApakahAda Pengaruh Strategi The Power Of Two Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada MataPelajaran Aqidah Dan Akhlak di MTs Darudda’wah Kelep Kecamatan Sekotong Tahun Pelajaran2019/2020? Tujuan penelitiannya untuk mengetahui Strategi the power of two terhadap motivasibelajar pada mata pelajaran aqidah dan akhlak Kelas VIII di MTs Daruddah’wah Kelep TahunPelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Metode pengumpulan datamenggunakan metode angket sebagai metode pokok, observasi, wawancara dan dokumentasisebagai metode pelengkap. Metode analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus Chisquare. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 𝑥2 hitung lebih kecil daripada 𝑥2tabel (7,384 < 9,488), dengan taraf signifikan 5%. Demikian penelitian ini tidak signifikan.Ini berarti hipotesis alternatif (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Kesimpulan yangdiperoleh dalam penelitian ini adalah: Tidak ada pengaruh Strategi The Power Of Two terhadapmotivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah dan akhlak di MTs Darudda’wah KelepKecamatan Sekotong Tahun Pelajaran 2019 / 2020.