PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MNEMONIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran mnemonikterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajarn bahasa indonesia kelas VII di SMPN 15 Pujut KabupatenLombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen adapunpopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 15 Pujut yang berjumlah 20 orangsiswa. Langkah-langkah pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tessebagai metode pokok, sedangkan dokumentasi dan observasi sebagai metode pelengkap. Selanjutnyametode analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besardari t-tabel pada taraf signifikansi 5% yakni (8,69 > 2,131). Artinya hipotesis nol (Ho) ditolak danhipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh modelpembelajaran mnemonik terhadap hasil belajar siswa kelas VII Pada mata pelajaran bahasa indonesia diSMPN 15 Pujut tahun pelajaran 2019/2020, maka hasil penelitian ini dinyatakan Signifikan.