PENGGUNAAN PEMBELAJARAN INDIVIDUAL MODEL PERTEMUAN KELAS DALAM MENUNTASKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-C PADA MATA PELAJARAN IPS-EKONOMI POKOK BAHASAN PERMINTAAN DAN PENAWARAN DI MTs YUSUF ABDUSSATAR KEDIRI LOMBOK BARAT

Abstract

Pembelajaran IPS-Ekonomi di MTs Yusuf Abdussatar masih rendah khususnya pada pokok bahasan permintaan dan penawaran, hal ini dikarenakan siswa kurang memahami maksud soal dan kelemahan siswa adalah mengenai BAB hitung-hitungan dalam ekonomi Pembelajaran individual dapat diberikan pada pokok bahasan permintaan dan penawaran karena memiliki cakupan materi sesuai dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat membuat kurva ataupun soal cerita bisa didapatkan dari siswa itu sendiri, sehingga siswa dapat mengolahnya sesuai dengan cara siswa sendiri dalam memahami materi tersebut, sedangkan guru hanya menjadi fasilitator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun analisa data yang digunakan oleh peneliti adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk memperoleh data dari hasil penelitian yang dilakukan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh pada siklus I, pada pokok bahasan permintaan, persentase ketuntasan yang diperoleh siswa kelas VIII-C di MTs. Yusuf Abdussatar sebesar 81,25% dengan nilai rata-rata sebesar 69,37 dari 32 siswa yang mengikuti pembelajaran dan evaluasi hasil belajar, akan tetapi yang tuntas sebanyak 26 orang. Hasil persentase pada siklus I belum mencapai ketuntasan belajar klasikal yang diharapkan yaitu > 85%. Dari hasil evaluasi siklus II dengan pokok bahasan penawaran, maka diperoleh persentase ketuntasan sebesar 93,75% dengan nilai rata-rata sebesar 80,62 dari 32 siswa meningkat dari siklus I yakni 81,25% dengan nilai rata-rata sebesar 69,37 dari 32 siswa