PENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS VI SD NEGERI 03 POJOK KARANGANYAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Jawa kelas VI SD Negeri 03 Pojok Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Tiap Siklus terdiri empat tahapan yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refrleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 03 Pojok, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar sebanyak 18 siswa terdiri dari 7 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi awal bahwa Prosentase ketuntasan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa jawa materi menulis huruf jawa adalah 56% .Setelah penelitian siklus I menunjukkan terjadi peningkatan. Bahwa Prosentase ketuntasan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI menjadi 72%. Prosentase nilai ketuntasan pada siklus II terjadi peningkatan lagi yaitu menjadi 88% dimana18 siswa yang tuntas adalah 16 siswa dan yang masih belum tuntas 2 siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode diskusi kelompok dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa jawa materi menulis huruf jawa kelas VI SD Negeri 03 Pojok Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar.Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajar, Diskusi Kelompok