EFEKTIVITAS MEDIA MODUL BERBASIS GAMBAR TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA
Abstract
Strategi pembelajaran dengan media yang tepat pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat belajar secara aktif dan menyenangkan sehingga dapat membangkitkan kreativitasnya saat praktik pembuatan animasi yang optimal. Strategi pembelajaran yang biasa seperti menjelaskan dan mencatat yang digunakan guru di sekolah adalah salah satu penyebab kurangnya kreativitas belajar siswa saat akan melakukan praktik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Efektivitas Pemanfaatan Modul Berbasis Gambar Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Pembuatan Animasi Siswa Kelas X SMK NW Kembang Kerang Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini untuk Menganalisi Efektivitas Pemanfaatan Modul Berbasis Gambar Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Pembuatan Animasi Siswa Kelas X SMK NW Kembang Kerang Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik study populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode pokok sedangkan dokumentasi, observasi dan wawancara sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus T-tes. Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar 5,302 dan nilai ttabel pada taraf Signifikansi 5% dengan d.b (N-1)=29-1=28, lebih besar dari pada nilai t pada tabel (5,302 > 2,048), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi: Terdapat Efektivitas Pemanfaatan Modul Berbasis Gambar Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Materi Pelajaran Pembuatan Animasi Kelas X SMK NW Kembang Kerang Kabupaten Lombok Timur Tahun Ajaran 2017/2018, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “signifikan”. Kata Kunci: Modul Berbasis Gambar, Kreativitas Belajar.