Peran Hafalan Alquran (Juz’amma)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara menghafal Alquran dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Alquran hadis di SDIT Al Musyarrofah Jakarta. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dengan melibatkan siswa kelas IV (empat) yang ikut serta dalam kegiatan menghafal Alquraan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter. Selanjutnya, analisis data menggunakan analisis korelasional dengan teknik korelasi rumus product moment. Hasil penelitian ini adalah bahwa di SDIT Al Musyarrofah Jakarta yang diterapkan dan berdasarkan hasil kuesioner tergolong cukup baik, ini dapat dilihat dari analisis data melalui skor rata-rata dari 59.436 yang berada dalam klasifikasi antara 51-75, oleh karena itu dapat disimpulan bahwa penerapan hafalan Alquran terhadap siswa SDIT Al Musyarrofah Jakarta dikategorikan sedang atau cukup baik. Kemudian prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Alquran hadis di SDIT Al Musyarrofah Jakarta berada dalam kategori baik dengan siswa yang mencapai pembelajaran tuntas sebanyak 37 siswa. Dengan demikian, hubungan antara menghafal Alquran dan prestasi siswa dalam mata pelajaran Alquran hadis di SDIT Al Musyarrofah Jakarta dengan interpretasi yang kuat atau tinggi. Ini dapat dilihat dari hasil perumusan statistik product moment dengan hasil 0,85 yang terletak antara 0,70 - 0,90 pada tabel tabel korelasi "r"