Peningkatan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Manajemen Berbasis Sekolah

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada (1) Mutu pendidikan di SMA Al Muslim Bekasi, yang meliputi ketersediaan input, serta ketercapaian sasaran dan dampak program terhadap sekolah. (2) Implementasi manajemen berbasis sekolah di SMA Al Muslim Bekasi, yang meliputi otonomi sekolah, proses belajar mengajar, dan partisipasi orangtua siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam analisis datanya, peneliti menggunakan model strategi analisis deskriptif analitik, sehingga dalam menarik kesimpulan peneliti mendekripsikan data yang diperoleh dari pengamatan secara langsung, wawancara dan studi dokumentasi, gambar dan perilaku siswa yang ditunjang dengan wawancara.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Pertama, dengan didukung ketersediaan input yang memadai, SMA Al Muslim telah berhasil meraih prestasi akademik dan non akademik dengan kategori baik, serta telah berdampak pada semakin meningkatnya animo masyarakat menyekolahkan anaknya ke SMA Al Muslim. Kedua, Implementasi kebijakan MBS di SMA Al Muslim harus terus ditingkatkan melalui; (a) pengembangan otonomi/kemandirian sekolah dalam mengadakan dan menggunakan sumberdaya sekolah, pengelolaan kelembagaan secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mengembangkan proses pengambilan keputusan partisipatif. (b) Melalui pengembangan proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa dengan pendekatan pembelajaran yang Aktif, Kreatif sehingga menjadi Efektif, namun tetap Menyenangkan (PAKEM), dan (c) melalui partisipasi masyarakat/orangtua siswa dengan meningkatkan peran Forum Orangtua Murid dalam meningkatkan mutu pendidikan SMA Al Muslim.