Sistem Informasi Pengelolaan Data Pasien Rumah Bersalin Insani Swadayah Ummah

Abstract

Rumah Bersalin Insani membebaskan biaya pengobatan dan bersalin kepada kaum duafa (sistem member). Namun Rumah Bersalin Insani juga membuka pengobatan dan persalinan bagi masyarakat umum (non-member). Pengelolaan data pasien yang telah terdaftar baik member maupun non-member dan data pasien yang melakukan pengobatan umum maupun bersalin, pencatatan kedatangan masih menggunakan buku induk kemudian data tersebut ditulis pada kartu berobat dan disimpan dalam lemari tanpa membedakan status. Jumlah pasien semakin hari bertambah, menyebabkan kartu berobat yang disimpan pada lemari jumlahnya juga bertambah sehingga menyulitkan pencarian data. Untuk mengatasi masalah di atas, maka dibuatlah suatu sistem yang dapat menggantikan sistem manual yang selama ini digunakan. Sistem akan mengelola data pasien yang terdiri dari: data pasien yang telah terdaftar (member dan non-member), data pengobatan (umum dan bersalin), dan hasil akhir (laporan). Sistem dibangun berdasarkan acuan dari sistem lama dengan memberikan beberapa fasilitas yang bisa bekerja secara cepat dan hemat waktu. Tahapan penting yang dapat  dilakukan dengan penggunaan sistem informasi ini adalah proses penyimpanan data pasien, perubahan data, penghapusan data, pencarian data, dan pelaporan yang dapat dialkukan dengan mudah baik untuk pasien member maupun yang non-member. Sehingga aplikasi diharapkan dapat meningkatkan kinerja, ketepatan, kecepatan dan efisiensi dalam proses pengobatan.