EVALUASI PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN COBIT
Abstract
Besarnya pengaruh perkembangan teknologi informasi terhadap aktivitas pada organisasi dan perusahaan juga telah berdampak pada aktivitas layanan akademik Yayasan Pendidikan Cendana. Teknologi informasi yang diterapkan oleh yayasan pendidikan cendana berupa sistem informasi akademik yang memberikan pelayanan dalam bentuk pengolahan data siswa, nilai, daftar kehadiran dan rapor siswa. Namun di dalam penerapannya masih terdapat kekurangan dalam pengelolaan dan keluhan-keluhan dari pengguna. Seperti kurangya pelatihan bagi pengguna dalam menjalankan sistem dan tidak adanya pengelolaan masalah-masalah yang ditimbulkan sistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kematangan dari pengelolaan sistem informasi akademik Yayasan Pendidikan Cendana. Sehingga dari tingkat kematangan tersebut penelitian iniĀ dapat memberikan rekomendasi bagi Yayasan Pendidikan Cendana. Penelitian ini menggunakan metode cobit khususnya pada domain Delivery and Support dari empat domain yang terdapat pada cobit. Pada domain ini terdapat 13 hal yang menjadi fokus dalam pengelolaan TI. Kuesioner dikembangkan berdasarkan 13 hal yang terdapat pada domain Delivery and Support. Tingkat kematangan ditentukan dari nilai rata-rata indeks kuesioner. Hasil menunjukkan nilai tingkat kematangan pengelolaan teknologi informasi Yayasan Pendidikan Cendana yaitu 2,78 atau berada berada pada posisi 3 (ditetapkan)