ANALISIS KERUSAKAN KENDARAAN CHEVROLET DENGAN METODE FORWARD CHAINING DAN RULE APRIORI BERBASIS CLIENT SERVER

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini merupakan pemicu perusahaan untuk menggali potensi yang dimiliki agar dapat lebih meningkatkan performance perusahaan. PT. Vinsa Indo Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan otomotif dan workshop kendaraan merk Chevrolet. Penggunaan komputer pada perusahaan ini masih belum optimal. Banyaknya kasus kerusakan kendaraan yang terjadi, mengurangi keakuratan Service Advisor (SA) dalam menganalisa kerusakan kendaraan. Selain itu banyaknya jenis sparepart juga menyulitkan SA untuk memperkirakan sparepart yang dibutuhkan dalam suatu kerusakan kendaraan, dimana pengecekan stok sparepart masih dilakukan secara manual.Untuk membantu mempermudah proses kegiatan perusahaan, maka dirancang sebuah sistem dengan menggunakan borland delphi 6 yang dikombinasikan dengan penyimpanan data menggunakan database SQL Server 2000. Analisa kerusakan kendaraan dilakukan dengan menggunakan sistem pakar agar proses analisa tersebut dapat dilakukan dengan lebih cepat tepat dan mudah, mengingat semakin banyaknya jenis kerusakan seiring dengan usia kendaraan dan lahirnya mobil-mobil baru dengan teknologi yang semakin canggih. Sistem pakar dengan metode forward chaining akan menuntun user dalam menganalisa kerusakan kendaraan dengan memilih gejala-gejala yang di tampilkan oleh sistem yang telah dirancang.Untuk mempermudah dalam melakukan proses estimasi, data mining dengan algoritma apriori akan membantu menentukan sparepart yang di butuhkan untuk menangani kerusakan kendaraan yang telah dianalisa. Untuk mempermudah dalam pengecekan stok dan harga sparepart, dirancang jaringan client server dengan topologi start yang menghubungkan antara bagian gudang dengan SA.