PENERAPAN FUZZY LOGIC DALAM MENGANALISIS TINGKAT PENDAPATAN AKHIR KONSULTAN PRODUK MULTI LEVEL MARKETING (STUDI KASUS : PT. ORINDO ALAM AYU CABANG PEKANBARU)

Abstract

Bisnis multi level marketing merupakan suatu metode bisnis alternatif yang berhubungan dengan pemasaran dan distribusi produk yang dilakukan dengan berbagai tingkatan melalui suatu jaringan. Tingkatan yang dibahas dan dianalisa adalah tingkatan pendapatan akhir konsultan produk multi level marketing bermerek oriflame pada bulan Januari, Maret dan Juni pada tahun 2012 dan tahun 2013. Pada penelitian ini penulis menerapkan konsep fuzzy logic dalam menganalisa pendapatan akhir konsultan produk yang didasarkan pada rule yang diperoleh dengan variabel input dan output sebagai parameternya. Variabel input meliputi bonus point (bp) pribadi, bonus point (bp) group, leader club (lc), level dan rekrutmen serta variabel output berupa pendapatan akhir. Metode yang digunakan pada fuzzy logic ini adalah metode mamdani yang terdiri atas beberapa tahapan yaitu fuzzifikasi, mesin inferensi dan defuzzifikasi. Pengujian pada penelitian ini menggunakan software Matlab 7.10 yang memberikan hasil berupa nilai ketegasan. Hasil yang diberikan dalam pengujian menggambarkan besarnya pendapatan akhir seorang konsultan produk pada setiap bulannya yang didasarkan pada rule yang ada.